Template Gaji Excel Yang Mudah Dibuat

Posted on

slip gaji xlsx – Slip gaji yakni sebuah laporan yang berupa catatan singkat yang berisi rincian gaji yang adalah hak karyawan tiap-tiap bulan. Menyusun slip gaji excel untuk karyawan di perusahaan yang jumlahnya besar memang tak selalu gampang. Komponen payroll perusahaan telah seharusnya memahami metode penggajian yang ideal untuk karyawan. Tiap-tiap gaji yang diberi dilengkapi dengan slip gaji yang detil.

Seperti yang kita kenal, gaji termasuk aspek yang krusial. Kalau sampai keliru untuk menghitungnya, risikonya dapat fatal. Apakah di perusahaan Anda saat ini telah menerapkan slip gaji otomatis? Ada cukup banyak opsi bentuk slip gaji untuk perusahaan, entah itu dalam bentuk dokumen atau bentuk excel.

contoh slip gaji simpel excel yang simpel dan gampang

Seperti yang telah kita kenal bahwa slip gaji ini befungsi sebagai sebuah informasi terkait rincian gaji yang telah dibayarkan kepada karyawan. Selain itu slip gaji juga berfungsi sebagai sebuah pertanda terima gaji pada saat diserahkan kepada masing – masing karyawan.

Dokumen ini berfungsi sebagai catatan perusahaan atas gaji yang mereka bayarkan terhadap karyawan mereka. Di dalam surat keterangan gaji, biasa memuat bermacam macam info terkait rincian gaji. Contohnya berapa besar potongan pajak karyawan, potongan untuk iuran BPJS, gaji pokok, uang makan dan transportasi, serta tunjangan-tunjangan karyawan lainnya.

Untuk membikin slip gaji dalam Excel terdapat dua cara yang bisa kita pilih atau yang dapat kita gunakan.

Metode pertama membikin slip gaji yang telah terhubung kedalam tabel rincian gaji karyawan.

Pada pola ini memang hampir tak ada pelaksanaan pembuatan slip gaji karena ketika memerlukan slip gaji kita tinggal menunjukkan kemudian mencetaknya.

Cara yang kedua kita akan membuat slip gaji satu persatu atau terpisah dengan data gaji karyawan.

Untuk sistem yang kedua ini dibutuhkan sebuah format atau form slip gaji untuk menginput angkanya.

Dalam slip gaji metode pengisian dari masing – masing kolomnya yakni sebagai berikut :

  • ID : diisi dengan nomor ID Karyawan
  • Nama : diisi dengan nama masing – masing karyawan
  • Jabatan : diisi dengan jabatan karyawan ketika gaji dibayarkan
  • STS : diisi dengan status pernikahan karyawan
  • Penerimaan : diisi dengan penerimaan gaji karyawan yang terdiri dari Gaji Pokok, Tunjangan, lembur dan yang lainnya
  • Potongan : diisi dengan pos yang akan memotong pendapatan contohnya BPJS, JHT, PPG 21 dan yang lainnya

Mohon dicatat bahwa ini hanya salah satu dari sebagian model slip gaji yang bisa kita buat.

cara membuat slip gaji

Dalam membikin slip gaji, Anda juga perlu mencatumkan sebagian komponen gaji lainnya secara detil, tak hanya take home pay atau THP atau gaji pokoknya saja. Nah, sebagian bagian gaji karyawan biasanya mencakup hal-hal berikut:

  • Gaji pokok
  • Tunjangan seperti tunjangan makan, transportasi, lembur, dan lainnya
  • Asuransi serta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
  • Bonus serta THR kalau ada
  • PPh 21 yang dibayarkan perusahaan dan karyawan
  • Hal-hal lainnya, menyesuaikan kebijakan perusahaan masing-masing
See also  Contoh Format Slip Gaji Dalam Bentuk Excel

 

Biasanya, dokumen ini dikeluarkan oleh divisi HRD perusahaan atas persetujuan dari tim finansial yang memutuskan angka-angka yang tertera sudah sesuai dengan catatan mereka.

Ada dua cara membuat slip gaji secara manual. Yang pertama ialah dengan Microsoft Word, sementara yang kedua ialah memakai Microsoft Excel.

Anda bisa meniru langkah membikin slip gaji sebagai berikut. Pastikan Anda memasukkan seluruh bagian slip gaji karyawan dan periksa kembali berkaitan akurasi data yang di-input.

1. Sistem Membuat Slip Gaji dengan Microsoft Excel

  • Buka Microsoft Excel pada komputer Anda
  • Gunakan tabel sesuai format gambar model slip gaji
  • Isi rincian tabel sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda
  • Pakai rumus slip gaji dan rumus Pajak Penghasilan (PPh)

2. Metode Membuat Slip Gaji dengan Microsoft Word

  • Buat database bagian gaji di Ms. Excel lebih-lebih dahulu
  • Buat design format slip gaji di Ms. Word, lalu gabungkan dengan database gaji di Ms. Excel mengaplikasikan tool mail merge
  • Rapikan bentuk slip gaji

Perhitungan slip gaji dari absensi

Daftar kehadiran karyawan yaitu bukti kehadiran seorang karyawan di kantor atau di tempat dia bekerja. Daftar ketidakhadiran karyawan ini menjadi salah satu elemen pengevaluasian terhadap kedisiplinan seorang karyawan, apakah karyawan tersebut sering datang terlambat, ijin, ataupun tidak masuk kerja. Banyak sistem yang bisa dijalankan oleh pemilik usaha untuk menjalankan pendataan kepada ketidakhadiran karyawan. Ada yang menggunakan paraf secara manual di buku kehadiran karyawan dan mengaplikasikan mesin ketidakhadiran fingerprint (sidik jari).

Pemakaian paraf secara manual bisa memicu kecurangan penulisan jam hadir dan jam pulang karyawan ataupun saat kehadiran mereka ditempat kerja. Walaupun dengan memakai mesin fingerprint seorang karyawan tak dapat lagi melaksanakan kecurangan absensi serta pemilik usaha juga akan dengan mudah menjalankan perhitungan gaji karyawan.  ini karena mesin fingerprint sanggup mendeteksi data karyawan dan jam ketidakhadiran mereka via sidik jari masing masing karyawan.

Apa Manfaat Dari Slip Gaji Ini?

Sekarang kita akan membahas mengenai manfaat dari slip gaji yang bisa dimanfaatkan oleh karyawan. Berikut yaitu sebagian manfaatnya yang harus Anda kenal

1. Memberitahu Karyawan Berkaitan Rincian Gaji Mereka

Salah satu fungsi utama dari dokumen ini merupakan sebagai sumber informasi bagian gaji yang diterima oleh karyawan tiap bulan.

Pastinya, komponen gaji pada payroll yang terlampir berbeda-beda di tiap perusahaan.

Ada sebagian komponen yang terdapat di dalamnya, di antaranya ialah gaji pokok, potongan-potongan seperti pajak dan BPJS, tunjangan-tunjangan, serta gaji bersih yang diterima karyawan.

See also  Contoh slip gaji xlsx dengan Microsoft excel yang sederhana

Selain gaji pokok, seandainya di bulan tersebut karyawan mendapatkan bonus atau THR, bagian tersebut akan dimasukkan ke dalam dokumen teresbut.

Potongan-potongan yang diberlakukan pada karyawan juga seharusnya dimasukkan, misalnya karena terlambat atau potongan yang sifatnya rutin seperti pajak PPh 21.

2. Mengajukan KPR Rumah

Karyawan mana yang tidak ingin memiliki rumah? Pastinya adalah impian seluruh orang untuk seketika memiliki rumah sendiri.

Tetapi, pembelian tunai rasanya bukan untuk seluruh orang. Salah satu caranya yakni dengan mengaplikasikan KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah.

Karyawan bisa mengajukan KPR di beberapa bank untuk menerima rumah idaman. Tapi, biasanya pihak bank akan minta karyawan untuk melengkapi berbagai prasyarat supaya pengajuan KPR mereka disetujui.

Salah satunya yaitu dengan melampirkan slip gaji karyawan dalam bentuk xlsx atau yang lainnya.

Dokumen tersebut dibutuhkan oleh bank sebagai jaminan serta menjadi penentu besaran bunga yang akan dibebankan kepada pihak yang mengajukan.

3. Pengajuan KTA

Manfaat lain yang dapat diperoleh karyawan dengan slip gaji adalah pengajuan KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Pengajuan kredit ini bisa diaplikasikan oleh karyawan untuk beraneka kebutuhan, umpamanya untuk biaya pernikahan, pendidikan, kesehatan, dan keperluan lainnya.

Untuk memutuskan bahwa peminjam sanggup membayar utangnya, pihak bank akan sangat berhati-hati untuk menyetujui permohonan kredit.

Jangan sampai sesudah diberi pinjaman, mereka tak bisa membayar utang mereka hingga melewati jatuh tempo. Untuk itu, salah satu syarat yang diminta oleh pihak bank terkait pengajuan KTA adalah slip gaji.

Bank perlu memastikan bahwa orang tersebut secara finansial sanggup membayar utang tiap bulannya sebelum lewat batas waktu.

4. Pengajuan Visa

Bagi karyawan yang hendak wisata ke luar negeri, mereka pasti akan butuh untuk mengajukan visa sebagai salah satu persyaratan untuk masuk ke suatu negara.

Salah satu syarat yang diminta oleh beberapa negara terutama di Eropa ialah slip gaji karyawan biasanya dalam bentuk xlsx atau word yang telah dicetak.

Mengapa pembuatan visa mesti memerlukan dokumen ini? Hal ini untuk mencegah seseorang tak dapat membiayai hidupnya selama di sana.

Jadi negara mau menentukan agar orang tersebut secara finansial bisa mencukupi kebutuhan saat mengunjungi suatu negara.

5. Kredit Kendaraan Bermotor dan Peralatan Elektronik

Beberapa besar karyawan yang punya kendaraan mereka beli dengan cara diangsur. Meski jumlah akhirnya akan lebih mahal, cicilan lebih meringankan karyawan dan bisa disesuaikan sesuai dengan kesanggupan mereka.

Sama seperti pengajuan KTA maupun KPR, bagi karyawan yang hendak membeli kendaraan maupun gadget dengan program angsuran, umumnya pihak pemberi pinjaman akan meminta slip gaji.

Alasannya malah sama, untuk menentukan bahwa karyawan benar-benar berprofesi di perusahaan tersebut serta menentukan bahwa gaji mereka mampu membayar angsuran tiap bulannya.